Mari bicara… bahasa manusia

itulah yang mungkin diharapkan oleh siswa, pada kita seorang guru dan sekolah yang diharapkan memberikan sebuah yang sangat diimpikan, didiambakan, yang nota bene telah ditebus dengan biaya bop yang lumayan lah……

Siswa sangat mengharap sesuatu dari kita sebagai guru, entah itu ilmu yang bermanfaat, teknologi yang tidak bisa didapat dari sekolah lain, pendekatan sosial dari hati ke hati dari seorang guru, sampai siswa mendapat pelayanan yang mendukung kenyamanan dalam belajar ( internet, Guru praktik yang mahir, ekskul yang lain dari yang lain, dll ), namun ketika hal itu diungkapkan di depan kita dan manager sekolah, mungkin akan menjadi blunder bagi siswa, kecuali bagi siswa yang mempunyai kepandaian diatas rata-rata, atau mungkin siswa yang mempunyai dukungan sebuah lembaga yang akhir2 ini di takuti kepala sekolah ( LSM ),

Mengajar mengandung makna besar yaitu mendidik dan membina generasi muda kita, saya membaca materi bp ROMI SATRIA, yang telah mengadakan studi kecil2an tentang karakter yang diinginkan mahasiswa pada dosennya, walaupun konteksnya mahasiswa namun tidak ada salahnya kalau kita mengadopsinya antara guru dan siswa…

Karakter tersebut adalah

Memiliki Kemampuan Verbal: Pintar jangan untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Bahasa gampangnya, permintaan kepada kita supaya belajar untuk mengajar, dan bukan hanya belajar untuk diri kita sendiri. Mengajar dengan menggunakan metode cepat sesuai dengan kemampuan pendidik yang canggih kadang membingungkan bagi siswa yang memiliki kemampuan rata-rata kebawah, kadang siswa hanya bisa berkata ya…… mengerti pak.. tanpa tahu dan mengerti dari mana itu berasal karena kalau mengatakan tidak,… siap-siaplah ditunjuk maju kedapan siap-siaplah malu…..( ihik ihik..).

Memiliki Kemampuan Tulis: Menyusun Modul atau membuat bahan ajar adalah terapi yang sangat efektif mengatasi kelemahan kita yang tidak terbiasa dalam menulis, Sehingga dapat mengatasi Pemaksaan siswa untuk membeli LKS.

.Open Mind dan Karakter Berbagi: Terbuka, jujur dan mau menerima kritik adalah sifat penting yang diharapkan siswa terhadap gurunya. Bahasa kerennya guru mau bergaul dengan siswanya bahkan mendekati mereka dengan bahasa mereka, siswa selain sebagai peserta didik juga adalah anak kita teman kita, dan patner kerja kita.Janganlah bersifat terlalu jaim, jayus apalagi jablai, karena itu akan membuat Siswa makin tidak simpatik.(Romi W).

Memiliki Kemampuan Teknis: Sebagai sekolah kejuruan tentu hal inilah yang diharapkan oleh siswa dalam mempersiapkan dirinya entah menjadi apa nanti apabila telah lulus. Disinilah diharapkan kemampuan guru dalam memberikan sesuatu keterampilan yang jelas dan bermanfaat dari segi teori dan praktiknya, bukan siswa malah diberi tugas, tugas, dan tugas dengan dalih latihan untuk praktikum dan itulah yang malah akan membuat siswa menjadi berontak dan cepat bosan dengan pendidiknya.

Itulah yang mungkin bisa saya tulis berkiblat dari tulisan bapak romi satria. agar menjadikan kita sebagai pendidik yang mau merefleksikan diri dan bercermin pada diri sendiri agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi peserta didik kita. Kitalah yang menentukan apakah mereka akan menjadi seorang pemimpin besar, mujahidin besar, dan ilmuwan besar, yang akan memperbaiki republik ini. Dan jangan lupa, bahwa bahwa kita jugalah yang akan membuat mereka menjadi penjahat, pencuri kamera dan koruptor besar yang akan memporak porandakan daerah kita ini. Pilihan ada di tangan kita, para pendidik.

Untuk para siswa, beri kami kesempatan untuk berbenah dan memperbaiki diri. Insya Allah kami akan berusaha menjadi pembimbing dan pendidik yang baik untuk anda sekalian. Kami tidak menginginkan apapun dari kalian semua, selain harapan supaya kita bisa berkomunikasi dengan baik. ada sesuatu yang salah mari kita bicarakan, saya lebih suka siswa yang terbuka saling bisa memberikan pengertian dan tukar fikiran tentang sesuatu. Berkaca dari peristiwa 27 agustus 2008 memberikan pengalaman pada diri saya pribadi, bahwasanya kita harus bisa berbicara bahasa manusia bukan bahasa gosip, dendam dan kritikan saja..

MARI BERBICARA… BAHASA MANUSIA………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: