Mekatronik ( Sebuah Istilah )

Istilah “mechatronics” (diindonesiakan sebagai mekatronika) pertamakali muncul di Jepang pada tahun 1969 Istilah ini muncul dari kalangan industri, yaitu Yaskawa Electric. Kemudian pada tahun 1972, kata “mechatronics” menjadi merek dagang yang dimiliki oleh Yaskawa Electric. Istilah ini kemudian tersebar luas penggunaannya di kalangan industri. Agar banyak kalangan semakin bebas menggunakan kata “mechatronics” ini, pada tahun 1982 Yaskawa memutuskan untuk melepaskan haknya atas kata tersebut. Sejak saat itu kata tersebut mempunyai makna yang lebih luas, dan pada saat ini telah diterima sebagai istilah teknik untuk menggambarkan cara pandang atau pemikiran dalam bidang teknik /rekayasa ( Dikutip dari artikel elang parikesit/ Harian kedaulatan rakyat Des 2005 )

Mekatronik sesungguhnya adalah sebuah pemikiran atau sebuah konsep berfikir tentang pnyelesaian suatu permasalahan/ persoalan dengan multi skill.

Melihat dari definisi awalnya mekatronika hanya terdiri dari elemen-elemen elektronik, elektric dan mekanikal. Dan dengan perkembangan teknologi komputer yang terintegrasi dengan segala bidang, maka teknologi komputer menjadi bagian dari bidang mekatronika, Sehingga mekatronika menjadikan bidang skill (keterampilan) yang sangat luas yaitu, suatu bidang yang mengintegrasikan teknik elektronika, kelistrikan, mekanik (pemesinan), teknologi komputer , komunikasi, dan mikroelektronika

Satu Tanggapan

  1. tak ada konsep tulisan balasan karena warnet udah mau tutup rekan

    wasalaam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: