glass half empty…..vs….glass half full

Gelas setangah atau setengah gelas, kata-kata tersebut kalau kita bolak balik menurut bapak mudzakir ( guru bahasa Indonesia ) mempunyai arti yang sama tetapi juga berujung pada makna yang berbeda.

gelas1gelas setengah air berarti gelasnya berisi air yang volumenya setengah dari gelas itu, setengah gelas juga berarti air yang berada pada gelas bervolume setengah dari gelas tersebut, sama kan…..

Makna berbeda??…. apa makna dari gelas setengah tersebut?

Kalo penjelasan masalah beginian kita tinggal klik aja d google… wesss lanngsung berjibun link untuk kita jelajahi masalah ini..

Menurut ibu Farida ( BK sekolah smk bgl ) fenomena gelas setengah dilihat dari orang yang mengatakannya dan akan terlihat spirit apa orang tersebut pesimis atau optmis..

Coba baca text ini

ada sebuah gelas terisi dengan air setengahnya. apakah yang akan kalian katakan?”
a. Airnya tinggal setengah.
b. Airnya masih setengah.

bagi yang menjawab A dengan kata kunci tinggal, maka mereka adalah termasuk pada golongan PESIMIS. bagi yang menjawab B dengan kata kuncil masih, maka mereka adalah termasuk pada golongan OPTIMIS.

soal tadi merupakan salah satu contoh sederhana untuk mengetes sisi optimis dan pesimis manusia. dalam artian ke arah manakah kecenderungannya. orang pesimis cenderung merasa negatif, tidak berguna, minder, selalu berprasangka buruk dan lain sebagainya yang memperlihatkan frekuensi / aura negatif. sedangkan orang optimis cenderung merasa positif, merasa berguna, memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, berprasangka baik`dan lain sebagainya yang memperlihatkan frekuensi / aura negatif.

kenapa kita sebaiknya memiliki kecenderungan optimis dibandingkan pesimis. karena ketika kecenderungan pesimis menguat maka kinerja individu akan akan sangat terpengaruhi, sulit untuk fokus, memikirkan hal lain yang belum tentu urusannya akan mempengaruhi kinerja. sulit untuk fokus, bahkan berpotensi untuk menulari individu sekitar dengan aura pesimisnya sehingga orang lain yang tadinya tidak pesimis, tapi karena telah terinfeksi oleh sang pesimis. bandingkan ketika kecenderungan optimis yang menguat. indiviu ini akan memberikan hawa damai kepada siapapun yag melihatnya, senang memberi semangat kepada yang lain, cepat menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan dan cenderung memberikan hasil yang baik.

tiap manusia bebas memilih kecenderungan mana yang akan di gunakan pada moment apa. setiap pilihan pasti ada konsekuensi. tinggal pilih dan nikmati lah hasilnya.

sebenernya ada satu kecenderungan lagi yaitu REALISTIS. yang ketika dihadapkan dengan soal yang sama, akan menjawab Ada Air Di Dalam Gelas.

Tarik kesimpulannya

Orang pesimis akan berkata: “I see the glass as half empty!”
Orang optimis akan berujar:
“I see the glass as half full!”
Orang realis akan berungkap: “I see a glass with water in it.”

Soo… buat kamu-kamu yang sedang mengerjakan project workdan siswa kelas 3 e 3 yang merasa minder dan tidak mampu bersaing dengan kelas lain, buang sikap pesimis kalian jangan patah semangat…be the optimist guy..and say ” I see the glass as half full

semoga menjadi sebuah inspirasi untuk tetap semangat..

Diilhami dan ditulis dari postingnya nyurian.wordpress.com

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: