Semangatlah untuk BELAJAR,,,BELAJARLAH dengan semangat…bersiaplah untuk berubah

“Pendidikan adalah Investasi masa depan”. “Pendidikan adalah investasi peradaban” ( UNY )
“Sumber segala macam bencana terhadap umat manusia adalah kebodohan dan ketidakmengertian. Sumber dari terciptanya peradaban tinggi adalah masyarakat yang mengharhai pendidikan.”

Kita semua mempunyai kemampuan dan kesempatan yang sama untuk bahagia dalam hidupnya. Walau ukuran kebahagiaan manusia tidak bisa disama-ratakan, namun secara umum bisa dilihat dari kesuksesan yang diraih selama hidupnya.
Kesuksesan tidak bisa didapat begitu saja, butuh perjuangan dan usaha keras. Terlepas dari istilah rejeki itu di tangan TUHAN.
Usaha yang harus dilakukan untuk mendapat kesuksesan tersebut adalah dengan belajar. Belajar, merupakan tugas, tanggung jawab dan panggilan pertama bagi tiap manusia. Belajar, selain membuat pengetahuan yang kita miliki bertambah, kesempatan terbukanya pintu kesuksesan pun semakin lebar.

Lantas bagaimana caranya agar kesuksesan yang ingin dicapai dengan cara belajar tersebut, dapat mudah kita raih? Ada beberapa hal yang patut kita ingat, ketika kita sedang belajar untuk menuju kesuksesan yaitu : (

HASRAT KUAT
Sebagai contoh ketika kita menjumpai murid kita melihat kearah kita dengan tatao mata kosong sementara kita tidak berhenti untuk berbicara, sepertinya mereka hanya berharap semoga waktu untuk guru ceramah cepat selesai karena tidak berminat sama sekali dengan obrolannya..hal tersebut terjadi karena tidak ada hasrat dari diri siswa selain secepatnya selesai dan pulang.
Belajar tanpa disertai oleh keinginan dan hasrat yang kuat untuk menuju sukses, tak akan berhasil. Karena segala seuatu (termasuk belajar) yang dilakukan tidak dengan sungguh-sungguh, hasil yang dicapai pun akan ala kadarnya. Bila kesuksesan merupakan salah satu proses yang ingin diraih untuk mencapai kebahagiaan, maka mulailah belajar sungguh-sungguh dengan hasrat kuat, keinginan dan harapan yang besar.
Selain keberhasilan tidak akan pernah singgah kepada orang-orang yang berhasrat lemah dan tak punya kemauan, tidak bisa dipungkiri bahwa segala sesuatu hanya akan terjadi bila kita menginginkan itu terjadi Seperti kata pepatah “Siapa yang berpikir dia bisa, maka dia akan bisa menjadi siapapun yang dia inginkan” Ciptakan dan penuhi alam bawah sadar kita dengan hasrat yang kuat untuk meraih harapan.

BERANI BELAJAR

Saya akan belajar, maka kesempatan akan datang”
Sebab tanpa belajar, maka segala kemungkinan menuju kesuksesan bisa hilang. Untuk menjadi ciri yang selalu belajar diperlukan keberanian dan ketabahan, yang berakibat terbukanya segala kemungkinan untuk kehidupan yang lebih baik.
Semua orang pada dasarnya tidak tahu dan tidak mampu. Hanya orang- orang yang berani belajar yang akhirnya akan tahu dan mampu. Ada begitu banyak cara untuk belajar, baik melalui pengalaman diri sendiri pengalaman orang lain, buku-buku bacaan, perenungan, kursus ataupun pelatihan-pelatihan yang ada. Kita tinggal memilih cara belajar yang kita sukai. Namun harus dipastikan bahwa cara belajar yang dilakukan, bisa membuat kita lebih mengerti dan memahami banyak hal. Sehingga kita mampu melihat dan mengetahui bahwa ada banyak cara dan pilihan untuk meraih kehidupan yang lebih baik.

BERANI BERUBAH
“Learning has not taken place, until behaviour has changed”: belajar tidak akan berarti apa-apa, sampai terjadi perubahan perilaku. Dengan belajar pengetahuan dan keterampilan kita bertambah. Tetapi pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki tersebut tidak akan berarti apa-apa, jika keterampilan yang kita miliki tersebut tidak sanggup merubah diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengetahuan kita akan hemat tidak akan menjadikan kita kaya kecuali kita berani berubah menjadi orang hemat dan mungkin akan kaya. Pengetahuan kita tentang kerja keras tak akan memberi manfaat, sampai kita berubah menjadi seorang pekerja keras dan meraih keberhasilan.

Setelah kita belajar, kita memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang hal-hal yang kita pelajari. Langkah berikutnya adalah bagaimana kita bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik, berdasarkan pengetahuan yang kita miliki. Perubahan itu mungkin terjadi begitu lambat. Bagi orang-orang tertentu hal itu mungkin menjadikannya frustasi sehingga proses belajarpun terhenti ditengah jalan, karena tidak merasa mendapatkan manfaat dari proses belajar. Namun perlu disadari bahwa jauh lebih sulit menerapkan apa yang kita ketahui, dibanding dengan proses belajar untuk mendapatkan pengetahuan itu sendiri. Perubahan kearah lebih baik yang terjadi pada diri kita, walau berjalan secara perlahan, sedikit demi sedikit, hal itu akan sangat besar artinta bagi kesuksesan kita.

Untuk Murid2ku …(Khususnya 3 E2)
Teruslah belajar dan janganlah pernah menyerah, walau kegagalan bisa sewaktu-waktu menghampiri. dan sebagian guru dan oranglain meninggalkan mu untuk pulang( P Ari yang pulang terlebih dulu) )..tetaplah semangat !!!!!!!!!!!
Gagal bukan berarti mati, tapi gagal berarti ada banyak hal yang harus diperbaiki. Lupakan kata tidak mampu dan tidak mungkin, namun persiapkan fisik dan mental Anda untuk mencapai sesuatu yang lebih baik

7 Tanggapan

  1. ehm…sebelumnya,,,,,,kogh ada tanda kutipnya..”3E2″?????

    heheheh

  2. pren aku salun nang ente pinter inovativ dan kreatif kapan aku beljar jaringan nang ente adan ada beasiswa S-2 . ini jeki koncone ente prajabtan????

  3. 1. pren carane inovativ apa harus menimbah ilmu pada orang yang inovafiv sementara aku masih jalan di tempat ???
    2. aku dibimbing melalui emailku pren apa saja . termasuk buat blog ???

  4. Bener pak Guru … semangat terus dalam belajar agar hasrat bisa tercapai, lalu … bagaimana menumbuhkan agar semangat belajar siswa tetap berkobar ???

  5. semangadt pak…..!!
    pak mohon do’a pak…smoga diterima beasiswa ke jepangnya
    rencana maw ambil mechanical enginering
    amien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: